BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan kondisi sekarang ini dimana persaingan dalam
dunia usaha semakin ketat, maka untuk menghadapi situasi dan keadaan yang
demikian pengusaha harus cepat dan tepat dalam mengambil keputusan agar
perusahaan yang didirikan dapat berkembang dengan baik.
Mendirikan suatu perusahaan bukanlah merupakan hal yang
mudah, namun mengembangkan perusahaan yang sudah didirikan tersebut merupakan
suatu pekerjaan yang jauh lebih banyak tantangannya. Masalah-masalah akan
selalu muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.
Sebagai salah satu bentuk usaha, Warnet Game Online
dikatakan cukup terkenal oleh masyarakat. Selain itu, usaha warnet memiliki
persaingan yang cukup banyak pelanggannya. Salah satu strategi pemasaran yang
diambil oleh usaha ini adalah dengan memberikan pelayanan yang lebih dari usaha
warnet yang berada di sekitar, sehingga konsumen menjadi puas. Ini tentunya
merupakan salah satu strategi yang memberikan keunggulan bagi usaha tersebut
dan berpeluang menjalani usaha tersebut yang bertempat di JL. Raya Jatiasih,
kecamatan Jatiasih, Kabupaten Bekasi. Usaha ini berdiri dibawah tangan warung
internet BLENK.net, yang sudah berjalan selama 3 tahun dan mempunyai reputasi
baik dibidang warung internet.
Jika
seseorang pemilik dana berniat untuk memperluas usaha warung internet tersebut,
ia dapat melakukan investasi untuk membuka cabang warung internet yang
rencananya akan dibangun di daerah Perum. Angkasa Puri Jl. Manggis A/87, Kec.
Jatiasih, Bekasi. Tujuan dilakukan studi kelayakan usaha adalah untuk
menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar yang ternyata
tidak menguntungkan atau yang dapat mengakibatkan kerugian besar yang mungkin
terjadi bila usaha tersebut dilakukan. Studi kelayakan adalah studi yang
mempelajari tentang layak atau tidaknya suatu usaha dapat didirikan atau
dikembangkan. Setiap usaha yang baru didirikan pastilah ingin usahanya lebih
maju atau ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Berdasarkan uraian diatas, maka
penulis ingin membuat penulisan ilmiah tentang studi kelayakan dengan
judul “STUDY KELAYAKAN PEMBUKAAN CABANG
BARU WARUNG INTERNET”
1.2 Rumusan Masalah Dan Batasan Masalah
1.2.1 Rumusan Masalah
Dalam penulisan ini masalah yang ingin
dikemukakan penulis ilmiah ini adalah:
a.
Apakah investasi pada pembukaan
cabang baru “ WARUNG INTERNET “ layak
atau tidak untuk dilaksanakan?
b.
Dalam jangka waktu berapa lama
cabang baru tersebut dapat mengembalikan investasinya.
c.
Apakah metode perhitungan PP,
NPV, IRR, dan PI dapat dilakukan untuk mengataasi masalah layak atau tidaknya
pada pembukaan cabang baru pada Warung Internet.
1.2.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini menggunakan metode
perhitungan PP, NPV, IRR, dan PI sehingga penulis membatasi pada lima aspek
studi kelayakan bisnis yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknik dan
teknologi, aspek keuangan, aspek manajemen, aspek ekonomi sosial.
1.3 Tujuan Penelitian
Penelitian ilmiah
ini bertujuan untuk :
1.
Mengetahui layak atau tidaknya
pembukaan cabang baru Warung Internet di daerah Bekasi
2.
Untuk mengetahui jangka waktu
pengembalian modal.
3.
Mengetahui metode perhitungan
PP, NPV, IRR, dan PI dapat dilakukan untuk mengatasi masalah layak atau
tidaknya pada pembukaan cabang baru Warung Internet.
1.4 Manfaat Penelilian
Penulis mengharapkan dalam diadakannya penelitian ini
dapat membawa manfaat, yaitu kepada :
1.
Akademis
Dapat meningkatkan wawasan dan
menambah pengetahuan tentang tingkat kelayakan usaha dalam menganalisa layak
atau tidak layak jika membuka Warung Internet.
2.
Perusahaan
Sebagai input atau bahan masukan,
serta pertimbangan untuk menentukan langkah yang selanjutnya akan diambil.
1.5 Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini,
penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dibawah ini:
1.5.1 Objek Penelitian
Dalam masalah ini penulis mengambil objek penelitian pada Warung
Internet yang beralamat di Jalan Raya Jatiasih, Kecamatan Jatiaih, Kabupaten
Bekasi.
1.5.2 Data / Variabel
Riset Lapangan
Merupakan studi lapangan yang
dilakukan untuk memperoleh data yang akurat dengan cara melakukan :
a.
Wawancara
Yaitu sewaktu teknik mengumpulkan data yang dilakukan
dengan cara tanya jawab kepada pemilik Warung Internet.
b.
Observasi
Yaitu untuk mengadakan pengamatan secara langsung
keperusahaan yang diteliti untuk memenuhi dan menyakinkan kebenaran dari hasil
wawancara.
1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Metode Analisis yang digunakan untuk menganalisis data
tersebut yaitu dengan metode :
Ø Payback Period (PP)
Ø Net Present Value (NPV)
Ø Internal Rate of Return (IRR)
Ø Profitability Index (PI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar